Kamis, 10 Juli 2008

Perangkat Hotspot dan Komputer Restart Sendiri

From: Chafidh Subchan
Subject: perangkat Hotspot dan komputer restart sendiri

Salam Komputek,

1).Langsung saja, di tempat kerja saya dilingkungan pendidikan akan diadakan semacam area online internet khusus di dalam lokasi sekolah, yang saya tanyakan perangkat apa saja yang harus kami siapkan untuk kebutuhan Hotspot area tersebut.

2).Spec Komp saya P5VDC-MX, proc Pentium D 3.00 Ghz, RAM 1 Gb DDR2, VGA GForce 128MB AGP, HD 80Gb. kenapa setiap kali saya menjalankan MS-word, baru mengetik beberapa kalimat langsung RESTART SENDIRI (setelah masuk ke windows tidak menunjukkan adanya pesan crash), apalagi kalau menjalankan aplikasi yang berat belum 5 menit sudah restart, hal ini sudah saya antisipasi dg berbagai macam scanvirus(update), ganti RAM, tambah VGA card tetapi masih saja terjadi. Terimakasih banyak atas jawaban dari Komputek semoga tetap jaya.

Jawaban :

1. Peralatan (infrastruktur) yg dibutuhkan dalam area hotspot adalah:
-. Titik akses (Wireless Akses Point)
-. Switch, Router, Pengontrol akses Jaringan
-. Web Server
-. Server AAA (Authentication, Authorization, Accounting)
-. ISP / WISP yang bisa diandalkan

2. Penyebab komputer restart sendiri, bisa karena :
- Fungsi RAM yang tidak stabil, mungkin karena slot memory yang kotor atau ada salah satu RAM yg rusak. Anda bisa membersihkan slot memory atau coba pakai salah satu memory dulu.
- Prosessor atau chipset di M/B yang overheat, kemunginan karena kipasnya mati.
- Pasokan daya dari Power Supply tidak mencukupi kebutuhan hardware komputer. Anda bisa mencoba power supply yang keluaran dayanya benar-benar murni, atau
- Karena O/S Windows yang corrupt. Anda bisa merepair ulang Windows Anda.

Tidak ada komentar: