Kamis, 10 Juli 2008

Komputer Restart

Saya mempunyai sebuah komputer dengan spek seperti berikut:

1. Motherboard : Gigabyte GA-MA69GM-S2H

2. Processor : AMD Athlon 64 X2 4400+ @2300 MHz

3. RAM : Kingston 2 x 1024 Gb

4. VGA : Onboard ATi X1250

5. Hard Disk : Seagate 160 Gb sata II

6. Optical : LiteOn DVD combo, Samsung DVDRW

7. Casing+Power : Simbadda SimCool + 430W

8. OS : xP SP 2


Dan masalah saya adalah pernah komputer saya ngerestart tiba - tiba ketika saya sedang mengkopikan file ke flash disk kemudian setelah masuk kembali ke windows ada pesan error yg send dan don't send apalah dan ketika saya coba iseng buka pc wizard disitu suhu motherboard saya suhunya 44 derajat apakah itu masih normal dan apakah itu penyebabnya kalau bukan kira - kira apakah yang menyebabkan komputer saya restart, apakah hardware saya ada yang bermasalah atau bagaimana. Oya kalau saya memainkan game yg berat macam fear dan crysis pasti restart juga tapi kalau kejadian pas ngopy itu baru terjadi sekali.

Faust VIII - Sei"


Jawaban :


Biasanya suhu 44 derajad masih dianggap normal, namun demikian Anda bisa memastikan dengan melihat tanda toleransi yang dimiliki oleh M/B Anda dengan memasuki SETUP di BIOS komputer. Tanda di luar toleransi akan diberi warna merah pada angka tersebut yang menandakan suhu komputer tidak normal. Dan salah satu penyebab komputer restart sendiri bisa juga karena masalah ini.

Penyebab lain yg bisa menimbulkan komputer restart sendiri, bisa disebabkan karena :

- Fungsi RAM yang tidak stabil, mungkin karena slot memory yang kotor atau ada salah satu RAM yg rusak. Anda bisa membersihkan slot memory atau coba pakai salah satu memory dulu.

- Pasokan daya dari Power Supply tidak mencukupi kebutuhan hardware komputer. Anda bisa mencoba power supply yang keluaran dayanya benar-benar murni, atau

- Karena O/S Windows yang corrupt. Bila masalah hardware sudah tertangani, Anda bisa merepair ulang Windows Anda.

Tidak ada komentar: