Jumat, 04 Juli 2008

Mengurai Kemampuan Windows Vista

Penampilan yang cantik adalah ciri khas dari Windows Vista. Dengan fitur yang dinamakan Aero, membuat tampilan Vista begitu mengagumkan, terutama karena desain visualnya yang transparan. Visualisasi gambar laksana kaca yang ditembus cahaya dengan balutan efek yang dinamis, reflektif dan dengan animasi yang halus.

Keamanan juga menjadi isu yang sangat penting saat ini. Fitur-fitur baru seperti Windows Defender, Windows Firewall, Windows Update, User Account Control dan mode proteksi dari Internet Explorer menjadi bukti bahwa Vista sangat memperhatikan masalah keamanan. Vista melindungi Anda terhadap serangan website malicious, serangan virus, spyware dan gangguan-gangguan yang Anda dapatkan secara online lainnya. Vista juga dapat mengontrol komputer yang dipakai oleh anak-anak atau tamu-tamu Anda, sehingga Anda bisa melihat dan mengatur kinerja komputer Anda dengan baik.

Secara konektifitas, Windows Vista memudahkan Anda dalam mengoneksikan data-data Anda dengan media lain seperti kamera, flash disk, handphone atau bahkan ke toko-toko online di Internet. Kemudahan-kemudahan ini bisa Anda lakukan melalui jaringan kabel ataupun wireless.

Adanya teknologi baru di Windows Vista memungkinkan performa PC Anda lebih responsif. Perbaikan Startup, Shutdown dan Sleep membantu PC Anda bekerja lebih cepat. Vista juga menggunakan cara baru untuk mengetahui hasil pengalamatan performa PC Anda. Adanya Performance Center akan membantu Anda lebih mengerti karakteristik komputer Anda. Pengukuran performa dilakukan ketika fitur-fitur tertentu dan aplikasi-aplikasi sedang bekerja. Jika fitur-fitur ini bertemu dengan spesifikasi hardware tertentu, maka skala Windows System Performance Rating (WinSPR) akan nampak di layar monitor Anda. Dengan demikian, diharapkan Anda bisa mengatur dan mengatasi troubleshooting secara mandiri apabila Anda menemui permasalahan.

Akhir kata, tiada gading yang tak retak. Penulis berpendapat bahwa masih banyak hal yang harus diperbaiki dalam buku ini. Anda bisa mendapatkannya di toko-toko buku komputer di kota Anda. Semoga buku yang sederhana ini mampu menyumbang pengetahuan Anda dalam mengurai kemampuan Windows Vista.

Penulis,
Slamet Ar Rokhim

Tidak ada komentar: