Jumat, 30 Januari 2009

Cara Kerja Web Server

Di era global saat ini, website adalah sarana yang mudah dan cepat untuk menyampaikan informasi yang up-to-date. Informasi dapat disimpan dalam bentuk dokumen web yang ditaruh pada web server agar dapat dibuka oleh semua orang di seluruh dunia. Untuk dapat membangun web server dibutuhkan software sebagai web server seperti Apache, IIS dan lain sebagainya.

Penyedia informasi ini ditangani oleh web server, sedangkan pengakses informasi kita istilahkan sebagai web client. Keduanya berkomunikasi menggunakan protokol HTTP (HyperText Transfer Protocol) yang sering dipergunakan untuk mentransfer dokumen dalam World Wide Web (WWW). Protokol ini sifatnya ringan, tidak berstatus dan generik sehingga dapat dimanfaatkan untuk berbagai macam tipe dokumen.

Prinsip Kerjanya:
  • Saat kita mengakses suatu situs dengan web browser (client http), Sebuah client HTTP seperti web browser, biasanya memulai permintaan dengan membuat hubungan TCP/IP ke port tertentu di server http ( port 80).
  • Sebuah server HTTP yang mendengarkan di port tersebut menunggu client mengirim kode permintaan (request), seperti "GET /HTTP/1.1" (yang akan meminta halaman yang sudah ditentukan), diikuti dengan pesan MIME yang memiliki beberapa informasi kode head yang menjelaskan aspek dari permintaan tersebut, diikut dengan body dari data tertentu.
  • Begitu menerima kode permintaan (dan pesan, bila ada), server mengirim kembali kode jawaban, seperti "200 OK", dan sebuah pesan yang diminta, atau sebuah pesan error atau pesan lainnya,seperti 404 (Not Found), 500 (Internal Server Error).

Tidak ada komentar: