Selasa, 05 Agustus 2008

Kemudahan Penggunaan WiFi di Hotspot

Sumber: http://www.ubaya.ac.id/?m=10&d=2140&id=239

Hubungan antar komputer disebut jaringan, yang dibedakan menjadi dua jenis yakni jaringan dengan kabel dan jaringan tanpa kabel. Wireless Fidelity (WiFi), bluetooth, dan infra merah merupakan bentuk dari jaringan tanpa kabel. WiFi memerlukan tempat atau area tertentu untuk jaringan komputer dengan infrastruktur memadai, dan istilah untuk area yang dapat menggunakan WiFi ialah hotspot.

Menurut Slamet Ar Rokhim, pakar teknologi STIKOM, teknologi Wifi sudah ada sekitar 1980. Pada lima tahun terakhir WiFi lebih berkembang untuk keperluan internet. Di Indonesia sendiri teknologi ini booming dua tahun terakhir karena diiringi menurunnya harga laptop yang bisa menggunakan layanan tersebut.

Bagi yang memiliki laptop, harus dilengkapi dengan WiFi card agar bisa saling koneksi di area hotspot. Bagi yang ingin mencoba menggunakan WiFi pada komputer, juga bisa dengan menambahkan wireless card pada perangkatnya. Jenis wireless card ada dua macam, yakni kartu yang harus ditanamkan pada perangkat komputer dan USB Stick dengan menancapkannya pada USB komputer.

Kelebihan wireless dapat membangun suatu jaringan yang dapat memudahkan sharing data dalam suatu jaringan, serta bagi orang yang sudah terhubung dengan server dapat dihubungkan secara langsung dengan internet. “Sehingga bagi konsumen adalah jika para konsumen masuk hotspot, dapat mengakses internet dengan gratis,” kata laki-laki kelahiran 1 Desember ini.

Sedangkan kelebihan WiFi dibandingkan jaringan kabel adalah menghemat biaya instalasi, kabel, operator, dan meningkatkan mobilitas. Namun transfer data lewat WiFi hanya 54 Mbyte/detik, sedangkan jika lewat jaringan kabel bisa antara 100-1000 Megabyte/detik. Tapi menurut pakar STIKOM, jika hanya untuk internet penggunaan WiFi sudah cukup efektif dan efisien, tergantung kebutuhan konsumen.

Menurut bapak penyuka nonton bola ini, jika di Indonesia kita sudah cukup mengenal WiFi, di negara-negara maju seperti Amerika Serikat dan Hongkong sudah menggunakan WiMax. Perbedaan antara WiFi dengan WiMax terletak pada radius jangkauannya. Jika menggunakan WiMax dapat menjangkau hingga puluhan kilometer.

Tempat-tempat di Surabaya yang menyediakan hotspot antara lain taman-taman kota seperti Taman Bungkul, Tunjungan Plaza, Wisma Dharmala (ada lebih dari 20 access point), tempat perbelanjaan, dan hotel-hotel berbintang yang menyediakan fasilitas untuk para tamunya. Akan tetapi, selain terhambat biaya, hambatan yang muncul dalam masyarakat adalah masih kurangnya pengetahuan dan keterbiasaan masyarakat akan cara menyeting dan mengkoneksinya.

“Bagi teman-teman yang udah punya laptop dan pengen mencoba WiFi di salah satu hotspot, caranya mudah dengan windows XP, langkahnya sebagai berikut: Menginstal software driver wireless . Dari Start Menu --> Control Panel --> Network Connection akan Mendeteksi Akses Point yang ada. Klik salah satu wirelessnya dan "Connected" lalu bisa masuk Internet,” pungkasnya. Semoga berhasil, guys.(ra,dyz,sv5)

[mario]

Tidak ada komentar: