Rabu, 04 Februari 2009

Virtual Host pada XAMPP di Windows

XAMPP adalah aplikasi web server alternatif selain IIS di Windows. Kali ini, kita belajar membuat virtual host (http://scc.stikom.edu dan http://perwalian.stikom.edu) pada instalasi XAMPP di Windows.

Virtual host akan menjadi alternatif untuk memudahkan penamaan URL yang berbeda dalam suatu subdirektori (mis. http://localhost/perwalian atau http://localhost/scc)


Misalnya kita akan membuat virtual host baru bernama http://perwalian.stikom.edu dan http://scc.stikom.edu yang berada dalam direktori C:\XAMPP\htdocs.

Secara umum kita bisa memerlukan tiga file konfigurasi Apache yang akan diedit, yaitu:
  • httpd.conf, lokasi file C:\xampp\apache\conf
  • httpd-vhosts.conf, lokasi file C:\xampp\apache\conf\extra
  • dan file hosts, ada di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc
Langkah-langkah yang bisa kita lakukan adalah:
1. Tentukan direktori yang digunakan Document Root, misalnya C:\XAMPP\htdocs
2. Tentukan juga sub direktori di dalam C:\XAMPP\htdocs, misalnya subdirektori C:\XAMPP\htdocs\perwalian dan C:\XAMPP\htdocs\scc. Keduanya untuk http://perwalian.stikom.edu dan http://scc.stikom.edu.
3. Edit file httpd.conf di dalam C:\XAMPP\apache\conf.
4. Cari pada baris DocumentRoot. Agar lebih aman, baris yang lama diberi komentar (tanda pagar #) lalu copy dan tambahkan di bawahnya. Sesuaikan path direktori dengan direktori yang sudah kita tentukan sebelumnya.

#DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"
DocumentRoot "C:/xampp/htdocs"

5. Kemudian cari direktori untuk path document root, sesuaikan dengan direktori sesungguhnya. Ubah dan simpan perubahannya.

C:\XAMPP\htdocs">
Options Indexes FollowSymLinks Includes ExecCGI
AllowOverride All
Order allow,deny
Allow from all


6. Berikutnya buka dan edit file httpd-vhosts.conf di dalam C:\xampp\apache\conf\extra. Defaultnya NameVirtualHost dan direktive terdapat komentar. Buang tanda komentar dan ganti sesuai keperluan lalu simpan.

#NameVirtualHost *:80
#
#DocumentRoot C:\XAMPP\htdocs\perwalian
#ServerName perwalian.stikom.edu
#


#
#DocumentRoot C:\XAMPP\htdocs\scc
#ServerName scc.stikom.edu
#


7. Tambahkan entri nama virtual host tadi (perwalian.stikom.edu dan scc.stikom.edu) ke dalam file hosts di Windows. File ini berada di C:\WINDOWS\system32\drivers\etc.
File hosts di Windows ini berfungsi seperti file zona DNS lokal yang memetakan alamat IP ke hostname/domain. Tambahkan baris berikut:

127.0.0.1 localhost
127.0.0.1 perwalian.stikom.edu
127.0.0.1 scc.stikom.edu

8. Simpan dengan tombol Save
9. Lanjutkan dengan merestart service Apache. Buka XAMPP Control Panel dari Start > All Programs > Apache Friends > XAMPP > XAMPP Control Panel.
0. Kemudian coba akses URL virtual host yang kita buat menggunakan browser.

Terinspirasi dari www.endrix.web.id

Tidak ada komentar: