Selasa, 09 September 2008

Install Compiz Fusion

Halo komputek , yg mkin asoi mbahas linux.q mo tanya nih smoga bibantu ya?
1.q drumah pake mandriva 2008 ,trus dah donlod compiz fusion packagenya tp kok ga bisa diinstall mncul pringatan canot install "..." smua package nya ga bisa diinstall. Gmana nih solusinya
2.gmana install tar.gz dkk di mandriva n ubuntu
makasih atas bantuannya komputek

pebri pebri [pebri.p38r1@yahoo.co.id]

Jawaban :

1. Untuk menginstall Compiz Fusion harus menggunakan VGA Card yang support 3D dan direkomendasikan oleh Mandriva atau Ubuntu. Anda perlu menginstall driver VGA ini sebelum akhirnya meng-enable atau menginstall Compiz Fusion.

2. File tar.gz adalah jenis file kompresi, dan untuk menggunakannya, ekstrak terlebih dulu file tersebut. Caranya bisa lewat file manager (Konqueror atau Nautilus). Klik kanan pilih extract here. Atau lewat terminal console, dengan:
$ tar xzvf nama file.tar.gz

Lalu masuk ke direktori tempat file hasil ekstrak, kemudian baca file README atau INSTALL file tersebut sebagai petunjuk utama instalasi file.

Tapi secara umum, sebagian besar instalasi paket tarbal (tar.gz atau tar.bz2) bisa melalui langkah-langkah berikut (lewat terminal).

$ cd folder ekstrak
$./configure

Pastikan saat proses ini tidak ada masalah. Jika ada paket-paket lain yg harus diinstall, install terlebih dulu paket-paket yg dibutuhkan.

Lalu lakukan kompilasi,

$make

Lalu install (sebagai root),

$su
#make install

Tidak ada komentar: